MADU HUTAN

Madu Hutan memiliki kandungan anti oksidan dan anti kanker.

Selain untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit, juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Proses produksi madu hutan Danau Sentarum dilakukan secara higienis. Ini penting untuk menjamin kualitas madu agar tetap baik dan tidak mudah terfermentasi.

Madu Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat adalah madu hutan dari sarang lebah Apis dorsata. Madu hutan bukan berasal dari hasil lebah yang diternakkan. Madu ini hanya bisa ditemukan di hutan, hasil alami lebah yang membuat sarang di pohon. Sumber nectar lebah madu tersebut antara lain dari pohon Emasung, Taun, Ubah, Marbemban, Putat, Samak, Libang dan Kawi yang tumbuh di sekitar Danau Sentarum.

 

 

 

Mengapa Madu Hutan merupakan Pangan Bijak?

LOKAL

Madu Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat adalah Madu hutan dari sarang lebah Apis dorsata. Madu hutan bukan berasal dari hasil lebah yang diternakkan. Madu ini hanya bisa ditemukan di hutan, hasil alami lebah yang membuat sarang di pohon.

SEHAT

Madu hutan mengandung beberapa unsur penting seperti sukrosa, glukosa dan enzim diastase yang berfungsi penting bagi kesehatan tubuh. Selain itu madu hutan banyak mengandung vitamin serta nutrisi bagi tubuh.

ADIL

Madu hutan merupakan salah satu tambahan sumber pendapatan masyarakat. Masyarakat mengelola madu danau sentarum secara bersama dengan membentuk kelompok (periau). Dengan demikian harga tidak berbeda diantara masyarakat. Produsen dapat membeli dengan harga yang stabil.

LESTARI

Madu hutan di panen langsung dari sarang lebah di hutan, menggunakan teknik panen yang lestari.

 


Unduh Brosur Madu Hutan

Diproduksi oleh:

Kelompok petani madu di Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Untuk informasi dan penjualan, silakan hubungi:
Non Timber Forest Product – Exchange Program
https://ntfp.org/