MedanProduk Pangan Bijak

Andaliman / Rempah Tuba

By Agustus 18, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Andaliman / Rempah Tuba merupakan Pangan Bijak?

Andaliman / Rempah Tuba

LOKAL

Andaliman pedagang ini ditanam di daerah Tigaras Simalungun. Tanah di daerah Tigaras yang memiliki kualitas bagus dapat membuat andaliman tumbuh dengan baik dalam kurun waktu 3 bulan. Andaliman pedagang ini ditanam oleh pedagang ini sendiri dan ladangnya berada di Tigaras Simalungun. Sehingga kualitas andaliman pedagang ini sangat bagus.

SEHAT

Andaliman juga merupakan salah satu bumbu tambahan masakan Arsik. Masakan ini memang merupakan masakan khas dengan resep bumbu-bumbu yang khas juga dari Sumatera. Rasa pedas, panas dan getir yang dimiliki andaliman dapat membuat masakan Arsik menjadi lezat serta wanginya yang cukup segar menjadi sangat khas. Andaliman memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk kesehatan seperti menambah darah, menghilangkan nyeri, dll.

ADIL

Andaliman diberi harga 50.000 per kilogram oleh pedagang. Andaliman dapat dibeli oleh pembeli per kilogram dan juga per ons. Harga andaliman 6000 per ons. Pedagang biasanya mengambil sebanyak 2kg dari petani kemudian menjual dan laku kurang dari 1 kg per hari. Maka dalam kurun waktu 3 hari pedagang dapat menjual seluruh andaliman tersebut. Menurut pedagang, harga andaliman sudah pas dikarenakan cara menanamnya yang cukup sulit.

LESTARI

Andaliman ditanam selama 3 bulan. Pedagang menyampaikan, andaliman tumbuh sangat cepat. Pertumbuhan bunga dan buah terkadang bisa tumbuh bersamaan. Namun terkadang andaliman tidak bisa tumbuh dengan baik jika menanamnya terlalu hati-hati dikarenakan andaliman merupakan tanaman liar yang seharusnya dibiarkan tumbuh sendiri. Maka pedagang menyampaikan bahwa menanam andaliman susah-susah gampang.


Asal Desa:

Tigaras Simalungung, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang Sayur di Pajak MMTC Medan

Asal Produk:

Asia Timur dan Asia Selatan. Di Indonesia tumbuh di Sumatera Utara


 

WordPress Lightbox