Mengapa Asam Jawa merupakan Pangan Bijak?

Asam Jawa

LOKAL

Pohon asam jawa umumnya sudah ditanam sejak lama pada perkebunan dengan skala tidak terlalu besar oleh petani. Namun dengan demikian buah asam jawa dikumpulkan oleh petani kepeda pengepul yang kemudian diolah sebelum dikirim ke pasar trasdisional maupun supermarket. Sehingga tetap terjaga kelokalannya pada produk yang terjual dipasaran.

SEHAT

Asam jawa termasuk tumbuhan yang kaya akan manfaat. Mulai dari kulit pohon hingga daun dari pohon asam juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu ramuan dari jamu tradisional. Buahnya sendiri biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk masakan, bahkan bijinya pun dipercaya dapat mengobati disentri maupun diare. Dengan banyaknya manfaat tidak heran masyarakat sudah mulai memanfaatkan asam jawa sejak dahul kala.

ADIL

Asam jawa dijual dengan bentuk olahan sehingga memudahkan konsumen untuk memanfaatkannya tanpa melalui proses yang panjang tentunya. Dengan harga yang relatif murah dan mudah didapatkan dihampir seluruh pasar trasdisional membuatnya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dilain sisi sudah menjadi tradisi sejak dahulu kala.

LESTARI

Permintaan terhadap konsumsi buah asam jawa yang masih konsisten membuat para petani tetap mempertahankannya ditambah kemudahan yang didapatkan konsumen akibat pengolahan yang dilakukan oleh pengepul juga menjadi faktor tetap terjaganya minat terhadap buah asam jawa. Dengan demikian kelestarian tanaman asam jawa tetap terjaga.


Asal Desa:

Pasar Niten, Bantul

Komunitas:

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox