MedanProduk Pangan Bijak

Asam potong / Asam Glugur

By Agustus 18, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Asam potong / Asam Glugur merupakan Pangan Bijak?

Asam potong / Asam Glugur

LOKAL

Asam potong dapat tumbuh di daerah panas maka asam potong lebih sering ditemukan di daerah panas. Karena jika didaerah dingin, sangat jarang petani mau menanam pohon asam potong. Petani akan lebih memilih menanam tumbuhan yang lain. Maka, asam potong dapat dikatakan lokal karena asam potong tumbuhan lokal yang hanya dapat ditanam di daerah panas seperti Deli Tua

SEHAT

Asam potong atau asam glugur biasa digunakan untuk bumbu masakan sehari-hari. Asam potong juga cocok dibuat asinan. Kandungan-kandungan baik didalamnya dapat menyehatkan tubuh. Dalam masakan, asam potong dapat memberi rasa asam natural pada masakan sehingga masakan memiliki rasa yang seimbang. Air rebusan asam potong juga biasa digunakan untuk pertolongan pertama jika terkena luka.

ADIL

Asam potong diberi harga 30.000 per kilogram oleh pedagang. Namun, biasanya asam potong dibeli per ons dengan harga 4.000. Pedagang biasanya mengambil sebanyak 5 kg dari petani kemudian menjual dan laku kurang dari 1 kg per hari. Maka dalam kurun waktu 6 hari pedagang dapat menjual seluruh asam potong tersebut. Menurut pedagang, harga asam potong sudah tepat karena untuk satu ons saja sudah mendapatkan cukup banyak asam potong.

LESTARI

Asam potong dapat ditanam ditanah yang panas karena batang yang dimiliki asam potong besar dan kuat. Pengolahan asam potong setelah panen adalah buahnya diambil dan dicuci kemudian diiris-iris tipis. Setelah itu, buah yang telah diiris kemudian dijemur dan dijual ke pedagang-pedagang pasar. Hal ini dapat dikatakan lestari karena siklus pertumbuhan buah asam potom cukup banyak dalam satu pohon dan dalam satu buah bisa menghasilkan banyak irisan asam potong yang siap digunakan untuk masakan sehari-hari.


Asal Desa:

Kec. Deli Tua Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang Sayur di Pajak Sambu Medan

Asal Produk:

Asia Selatan dan Asia Tenggara. di Indonesia tumbuh di Sumatera Utara


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox