MedanProduk Pangan Bijak

Batang Kecombrang / Rias (Palang)

By Agustus 19, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Batang Kecombrang / Rias (Palang) merupakan Pangan Bijak?

Batang Kecombrang / Rias (Palang)

LOKAL

Hampir semua bagian dari tumbuhan kecombrang dapat dimanfaatkan. Bagi org sumatera utara batang kecombrang dapat diolah menjadi masakan yaitu sambal. Sambal ini dikenal dengan sambal rias khas batak. Untuk pembuataannya sangat sederhana. diperlukan batang kecombrang yang direbus bersamaan dengan tomat, cabai, dan sangrai bawang dan kemiri. Setelah itu ditumbuk dengan diberi gula dan perasaan air jeruk nipis. Olahan tumbuhan kecombrang memang sangat sering dtemui pada masakan suku Batak, Sumatera Utara.

SEHAT

Batang kecombrang bermanfaat dalam mengatasi bakteri dalam tubuh. Batang kecombrang bisa diolah menjadi sabun karena memiliki zat saponin yang dapat memproduksi busa. Jika ekstra kecombrang ditambahkan dalam pembuatan sabun maka dapat menghambat bakteri.

ADIL

Batang kecombrang dijual dengan harga 17000/kg. Biasanya batang kecombrang dipotong lebih kecil oleh pedagang saat dipasarkan.

LESTARI

Tumbuhan kecombrang yang merupakan tumbuhan liar ini sering dijumpai dipekarangan rumah. Biasanya tumbuhan ini akan tumbuh setinggi 40-60cm. dalam merawatnya hanya perlu dilakukan rutin seperti pemupukan, pengusiran hama yaitu hewan pengerat, juga penyiraman. Tumbahan ini harus berada ditempat terbuka karena membutuhkan sinar matahari dalam proses pertumbuhannya.


Asal Desa:

Deli Serdang, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang

Asal Produk:

Dapat ditemukan di seluruh Indonesia


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox