MedanProduk Pangan Bijak

Bawang Batak / Lokio

By Agustus 18, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Bawang Batak / Lokio merupakan Pangan Bijak?

Bawang Batak / Lokio

LOKAL

Bawang batak hanya dapat ditanam di daerah tertentu dengan kualitas tanah yang bagus. Bawang batak pedagang pajak sambu ini berasal dari Sidikalang kemudian pemilik pertama bawang batak menjualnya ke pedagang-pedagang dan kemudian pedagang menjualnya ke pembeli.

SEHAT

Bawang batak atau lokio adalah salah satu bumbu tambahan untuk membuat masakan Arsik yang merupakan masakan khas Sumatera. Bawang batak digunakan dalam masakan Arsik dikarenakan rasa bawangnya yang cukup kuat sehingga cocok untuk mengimbangi rasa pedas dan getir dari bumbu lainnya seperti andaliman. Masakan khas Sumatera ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan darah. Selain itu, daun bawang batak dapat dibuat ramuan yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan

ADIL

Pedagang mengambil bawang batak sebanyak 12 kg kemudian dijual dan laku sebanyak 2 kg per hari (selama pandemi). Namun, sebelum pandemi bawang batak dapat laku sebanyak 5 kg per hari. Bawang batak atau lokio diberi harga 20.000 per kilogram oleh pedagang pasar. Maka, dalam kurun waktu 6 hari pedagang dapat menjual habis seluruh bawang batak ke pembeli. Menurut pedagang, harga bawang batak sudah layak diberi harga 20.000 dan pembeli pun tidak pernah keberatan dengan harga tersebut.

LESTARI

Bawang batak ditanam dalam kurun waktu 3 bulan. Proses panen bawang batak dengan mencabut seluruh bagian seperti daun, buah dan akarnya. Kemudian petani membersihkan bawang batak dari tanah yang menemel dan menjual hasil panennya ke pedagang dan pedagang menjual bawang batak ke pembeli.


Asal Desa:

Daerah Sidikalang, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang Sayur di Pajak Sambu Medan

Asal Produk:

Sumatera Utara


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox