MedanProduk Pangan Bijak

Belacan / Terasi Melayu

By Agustus 18, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Belacan / Terasi Melayu merupakan Pangan Bijak?

Belacan / Terasi Melayu

LOKAL

Belacan merupakan salah satu produk lokal khas sumatera utara. Belacan dan terasi merupakan bahan pangan yang serupa namun tak sama, dimana belacan memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan dengan terasi. Hal tersebut dikarenakan proses fermentasi yang cenderung lebih singkat daripada terasi. Belacan memiliki warna cokelat muda, dimana terasi memiliki warna yang lebih gelap. Hal ini didasari oleh kebiasaan orang melayu yang lebih menyukai terasi dengan rasa yang lebih ringan daripada terasi pada umumnya.

SEHAT

Belacan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki berbagai macam kandungan gizi. Karena berbahan dasar udang, berbagai manfaat seperti protein yang tinggi, vitamin B dan D juga akan dapat dirasakan. Selain itu, belacan juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

ADIL

Harga yang telah ditetapkan oleh produsen telah sesuai dengan modal produksi. Biasanya belacan dijual dengan harga Rp. 10.000 / Bungkus.

LESTARI

Proses pengolahan belacan yang masih tradisional dinilai masih memperhatikan unsur lingkungan. Dimulai dari penangkapan udang yang masih dilakukan secara tradisional dengan jaring (tanpa pukat harimau), penggaraman, pengeringan, penumbukan hingga proses fermentasinya masih secara alami dan tidak merusak lingkungan, sehingga belacan merupakan salah satu produk ramah lingkungan.


Asal Desa:

Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara

Komunitas:

Nelayan

Asal Produk:

Pulau Sumatera


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox