Mengapa Bligo / Labu air merupakan Pangan Bijak?

Bligo / Labu air

LOKAL

Buah bligo merupakan tanaman lokal yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak dahulu kala sehingga dapat ditemukan panganan tradisional hasil olahan buah bligo. Sekaligus kemudahan penanaman baik diarea pekarangan rumah maupun budidaya untuk memenuhi permintaan pasar dan hanya tersedia di pasar-pasar lokal.

SEHAT

Umumnya buah bligo sudah dimanfaatkan masyarakat secara tradisional sebagai bahan baku pembuatan manisan yang biasa disajikan pada acara seperti pernikahan maupun hanya sebagai suguhan terhadap tamu. Buah bligo juga dipercaya dapat meningkatkan kesuburan wanita yang secara medis disebabkan oleh kandungan asam folat dan vitamin c sebagai peningkat sistem imun.

ADIL

Kemudahan untuk mendapatkan buah bligo salah satunya disebabkan oleh terpenuhinya stok dari para petani buah bligo terhadap permintaan pasar. Sekaligus harga buah bligo yang dapat dijangkau oleh mayoritas masyarakat baik buah bligo itu sendiri maupun hasil olahan seperti manisan. Bahkan dewasa ini sudah dapat ditemukan produk kemasan cepat saji dari olahan buah bligo sebagai alternatif.

LESTARI

Buah bligo relatif mudah untuk dibudidayakan, jika hanya ditanam dipekarangan pun sudah dapat dimanfaatkan setelah 3,5 bulan. Bahkan jika tanaman buah bligo dirawat dengan baik dapat menghasilkan 10 buah perpohonnya. Buah bligo juga termasuk tanaman yang membutuhkan lahan yang subur dan memiliki kandungan air yang bagus, dengan ditanamnya buah bligo masyarakat dapat turut menjaga kelestarian lingkungan sekitar.


Asal Desa:

Karangwaru lor – Sleman

Komunitas:

Pak tantri – Kelompok tani 56 berkarya, Karangwaru Lor – Yogyakarta

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox