MedanProduk Pangan Bijak

Buah Kecombrang / asam cekala

By Agustus 19, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Buah Kecombrang / asam cekala merupakan Pangan Bijak?

Buah Kecombrang / asam cekala

LOKAL

Asam cekala adalah penyumbang rasa asam pada masakan khususnya masakan Batak. Selain memberi rasa asam pada masakan, asam cekala juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan atau daging. Olahan asam cekala selalu ada pada masakan arsik ikan mas.

SEHAT

Asam cekala merupakan buah dari tumbuhan kecombrang. Tidak semua tumbuhan kecombrang akan berbuah selama pertumbuhannya. Asam ini baik bagi perempuan yang usai melahirkan untuk menghilangkan darah kotor yang masih berada dalam tubuh. Asam cekala direbus lalu diperas airnya. Kemudian air tersebut dimakan bersama nasi atau makanan lainnya.

ADIL

Harga yang diberikan oleh produsen beragam dan tidak tetap antar produsen. Tapi harga yang diberikan cukup adil karena tidak mudah bagi tumbuhan ini berbuah. Harganya berkisar 5rb untuk perons asam cekala.

LESTARI

Tumbuhan kecombrang sangat bergantung pada kelembapan. Budidayanya tidak terlampau sulit. Masyarakat biasanya merawat lahan, bibit, suhu, kebersihan lokasi tanam secara berkala. Jika proses dilakukan dengan baik dan benar akan berhasil memanen bunga, batang, hingga buahnya.


Asal Desa:

Deli Serdang, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang

Asal Produk:

Dapat ditemukan di seluruh Indonesia


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox