MedanProduk Pangan Bijak

Induk Kunyit

By Agustus 19, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Induk Kunyit merupakan Pangan Bijak?

Induk Kunyit

LOKAL

Induk kunyit biasa diolah menjadi jamu yang sering dimunim olah para permpuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap suku di sumatera utara memiliki kepercayaan tersebut. Induk diolah menjadi minuman jamu dengan diparut dan diperas airnya kemudian dimasak selema beberapa jam dengan campuran rempah lain misalnya kencur. Warna dari jamu ini akan berwarna orange pekat yang berasal dari kunyit karena merupakan bahan utama dalam pembuatan jamu tersebut. Jamu ini sering diminum oleh wanita yang baru saja melahirkan atau para ibu rumah tangga untuk daerah kewanitaan.

SEHAT

Induk kunyit bermanfaat dalam merawat bagian tubuh dari dalam terutama masalah kulit bagi kaum hawa. Induk kunyit diolah menjadi jamu kemudian diminum. Meminumnya secara berkala dalam menyehatkan kulit menjadi bersih dan cerah. Induk kunyit juga dapat diolah menjadi lulur yang dioleskan keseluruh tubuh hingga wajah untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

ADIL

Untuk setip kg induk kunyit memiliki harga 30rb yang menurut produsen telah sesuai.

LESTARI

Budidaya induk kunyit dimulai dengan melakukan penanaman bibit ditanah yang lembab. Tidak boleh terpapar sinar matahari langsung. Menyiramnya juga hanya dilakukan pada sore hari saja. Induk kunyit dapat dipanen setelah delapan bulan lamanya. Pada saat seperti itulah induk kunyit dapat dipanen karena sudah memiliki berat ideal, sehat, dan tidak kusut. Budidaya induk kunyi dapat dilakukan dipekarangan rumah dengan menggunakan pot sebagai media tanam.


Asal Desa:

Deli Serdang, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang

Asal Produk:

Asia Tenggara


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox