MedanProduk Pangan Bijak

Jeruk Jungga / Utte Jungga

By Agustus 18, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Jeruk Jungga / Utte Jungga merupakan Pangan Bijak?

Jeruk Jungga / Utte Jungga

LOKAL

Jeruk jugga adalah jenis jeruk asam yang berasal dari Sumatera Utara khususnya daerah Danau Toba. Jeruk jungga menjadi bahan pokok untuk membuat makanan khas batak (Dekke Naniura) yang tidak bisa digantikan dengan jeruk asam lain. Sekilas jeruk jungga/asam jungga ini berbentuk seperti jeruk purut. Tapi jika diteliti lagi, tekstur dari permukaannya lebih kecil kerutannya daripada jeruk purut. Selain itu, ukuran jeruk jungga lebih kecil dan bulat sedangkan jeruk purut ukurannya lebih besar dan lonjong.

SEHAT

Jeruk ini menjadi bahan yang tidak bisa digantikan untuk memasak Dekke Naniura (ikan yang tidak di masak). Rasa asam dari jeruk ini akan menghilangkan bau amis ikan serta membuat daging ikan matang.

ADIL

Harga per satuan dari jeruk jungga ini adalah Rp. 3.000. Menurut harga pasar, harga tersebut sudah sangat adil bagi petani dan konsumen.

LESTARI

Proses penanaman jeruk jungga sendiri masih cenderung menggunakan metode penanaman organic dengan menggunakan pupuk organic. Hal tersebut membuat penanaman jeruk jungga dikatakan ramah lingkungan.


Asal Desa:

Medan, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang Pasar

Asal Produk:

Sumatera Utara


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox