Mengapa Kepel merupakan Pangan Bijak?

LOKAL

Pohon kepel sendiri termasuk pohon yang dapat dijumpai dilingkungan kraton dikarenakan termasuk ketanaman khas kerajaan, dengan begitu jarang ditemui pohon kepel dikawasan umum.

SEHAT

Secara medis buah kepel mempunyai khasiat memperlancar buang air kecil dan mencegah inflamasi ginjal sekaligus dapat difungsikan sebagai pemberi aroma seperti bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh seperti air seni, keringat dan napas.  

ADIL

Tanaman buah kepel dahulunya menjadi komoditas yang langka karena tanaman buah kepel sendiri dahulunya memang ditanam secara terbatas di lingkungan Kraton sehingga rata-rata yang mengkonsumsi buah ini hanya masyarakat di sekitar Kraton saja. Namun untuk saat ini masyarakat sudah mulai melakukan budi daya sehingga buah kepel dapat terus dimanfaatkan.

LESTARI

Merujuk pada pohon kepel hanya ditanaman dilingkungan kraton pada masa kerajaan dahulu, menjadikannya susah ditemui dikawasan umum dewasa ini. Dengan demikian kelestariannya perlu dijaga baik dari segi tanaman/budidaya sekaligus minat masyarakat untuk memanfaatkan buah tersebut.


Asal Desa:

Kraton – Yogyakarta

Komunitas:

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox