Produk Pangan BijakYogyakarta

Kimpul / Talas Belitung

Mengapa Kimpul / Talas Belitung merupakan Pangan Bijak?

Kimpul / Talas Belitung

LOKAL

Tanaman lokal kimpul yang sangat mudah untuk ditanam ini merupakan tanaman yang sudah ada sejak jaman dahulu. Orang-orang jaman dahulu menyukai dan sering mengonsumsi kimpul ini. Apalagi tidak ada perawatan khusus untuk menanam tanaman kimpul ini.

SEHAT

Biasanya kimpul ini dimanfaatkan sebagai karbohidrat pengganti beras, walaupun kandungan tidak sebaik beras namun jangan salah bahwa umbi ini memiliki senyawa yang baik juga untuk tubuh seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kimpul juga mengandung Polisakarida Larut Air (PLA) yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Terdapat kandungan yang special didalam umbi kimpul ini yang dapat dikatakan sebagai anti kanker, senyawa tersebut adalah bioaktif diosgenin.

ADIL

Kimpul merupakan umbi yang mudah berkembang asalkan pada tanah yang dirawat, oleh karena itu kimpul dapat dengan mudah ditemukan ataupun diakses oleh konsumen itu sendiri, bahkan jika memungkinkan konsumen juga dapat membeli bibit kimpul lalu ditanam di pekarangan. Harga kimpul dipasaran juga cukup terjangkau baik dalam bahan mentah maupun olahannnya. Menurut penjual harga yang ditawarkan sudah wajar.

LESTARI

Secara alami tumbuhan ini tumbuh diarea hutan hujan tropis yangmana curah hujan tahunan rata-rata sekitar 1400mm yang memungkinkan tanah tempat tanaman kimpul ini mencapai kelembabab yang dibutuhkan. Tanaman ini dapat tumbuh pada rata-rata temperature harian diatas 21 derajat celcius.


Asal Desa:

Ngentak, Pondokrejo, Tempel, Sleman

Komunitas:

Pak Busro (menanam di kebun)

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox