MedanProduk Pangan Bijak

Lengkuas

By Agustus 19, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Lengkuas merupakan Pangan Bijak?

LOKAL

Lengkuas merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan sebagai penyedap masakan. Biasanya sering ditemukan dalam olahan sop daging atau sayur. Masakan khas sumatera barat yang juga telah menjadi bagian masakan rumahan masyarakat sumatera utara yaitu rendang juga menggunakan lengkuas dalam proses pembuatannya. Lengkuas akan diolah dengan rempah lainnya seperti kemiri, cengkeh, bawang, cabai, ketika membuat rendang daging.

SEHAT

Tidak jauh berbeda dengan jahe, lengkuas juga memiliki aroma wangi dengan rasa pahit keasaman. Tanaman yang kaya akan antioksidan ini dapat mengobati diare dan mencegah infeksi karena kandungan zatnya yang bersifat antibakteri. Tunaman ini juga dapat meredakan nyeri dalam tubuh seperti nyeri dada. Tidak hanya itu lengkuas juga dapat mengobati sakit tenggorokan dan suara serak dengan cara merebus lengkuas yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya dengan air kemudian meminum air rebusannya.

ADIL

Bagi produsen harga 10rb/kg sudah sesuai dalam penjualan tanaman lengkuas

LESTARI

Tanaman lengkuas dapat tumbuh dengan sendirinya dipekarangan rumah yang bersuhu lembab hanya dengan memasukan bibit kedalam tanah yang berkondisi baik. Selain itu juga dapa dibudidayakan dengan menanam bibit, pemeliharaan, penyiraman, dan pemberian pupuk. Pupuk yang digunakan adalah organik yang terbagi menjadi dua yaitu padat dan cair. Untuk masa panen tanaman lengkuas dibutukanh waktu 9-12 bulan lamanya dengan ciri-ciri daun yang mulai layu.


Asal Desa:

Medan, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang

Asal Produk:

Berasal dari Asia (India, China, Arab, Sri Lanka). Dapat ditemukan diseluruh Indonesia


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox