Blog dan Berita

LKS Merdeka, LKS Pangan Bijak Nusantara

By February 18, 2022 No Comments

Raffa kelas 7B dari SMP Pembangunan Jaya mengawali harinya dengan minum madu, katanya “manis dan enak, teksturnya lembut jadi tidak perlu dikunyah, langsung telan juga bisa.” Raffa bahkan berencana untuk ngobrol tentang buku LKS Panduan Belajar Pangan Bijak Nusantara bersama ayahnya yang seorang penyuka kopi, karena ia menemukan cerita menarik tentang kopi di buku LKS itu.

Terbukanya kesempatan dialog orangtua-anak, bahkan ide kunjungan ke daerah-daerah penghasil kopi di Indonesia adalah sebagian kecil dari dampak publikasi LKS Panduan Belajar Pangan Bijak Nusantara yang digunakan oleh Bu Eka, guru Raffa, di kelas pembelajaran IPS Terpadu. Bersama murid-muridnya Bu Eka sempat membahas beberapa produk pangan yang ada di buku LKS.

“Kebetulan bahasan kita mengenai provinsi-provinsi di Indonesia, jadi kita coba mengambil materi yang berbeda dari publikasi yang anak-anak jarang ketahui, anak-anak diajarkan tentang pangan apa saja yang ada di daerah-daerah,“ ujar Bu Eka.

Diskusi daring bertajuk “LKS Merdeka, LKS Pangan Bijak Nusantara” diselenggarakan secara daring pada Jumat (18/02) dihadiri 94 siswa, guru dan pengawas sekolah.

Baru-baru ini Kurikulum Merdeka diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kurikulum Merdeka mendorong pembelajaran berbasis proyek dan lintas mata pelajaran. Setidaknya 30% porsi pembelajaran direkomendasikan berbasis proyek dengan keleluasaan materi yang digunakan. Buku Panduan Belajar LKS ini dapat digunakan ketika sekolah/guru mengadopsi Kurikulum Merdeka.

Menurut Bu Devy Mariyatul Ystykomah, tulisnya ”Dulu (kalau) dengar LKS, ‘apa sih?’ Sekarang ngeliat kenyataan LKS kece gini, ikut seneng. Pengen praktik abis ini.”

Bahkan Bu Kurniati Sekarsari Dwi Lesmana mencetus,”Jadi pengen nyoba di kelas TK.” Tentu dengan beberapa penyesuaian, karena buku LKS ini ditujukan untuk siswa kelas 4-6 SD dan kelas 1-3 SMP.

Bu Nurjanah Laila menyatakan, “Ternyata LKS bisa seseru dan interaktif ini. Sangat menarik LKS-nya bagi guru, siswa dan ortu.”

Bu Saurma Nadapdap dari SMPN 15 Bekasi boleh merasa lega, karena mendapat tambahan bahan ajar dengan adanya buku LKS. “Ini bisa dipakai sebagai bahan bacaan pada kegiatan literasi dan sekaligus projek mapel (mata pelajaran) Bahasa Indonesia, SBK, IPA  dan IPS. Menarik juga,” tulisnya di kolom chat.

Unduh Buku Panduan Belajar LKS Pangan Bijak Nusantara di sini.

Baca juga: Transformasi Sistem Pangan Melalui Pendidikan

Leave a Reply

WordPress Lightbox