Produk Pangan BijakYogyakarta

Manggar / Bunga Kelapa

Mengapa Manggar / Bunga Kelapa merupakan Pangan Bijak?

Manggar / Bunga Kelapa

LOKAL

Di Jogja terkenal dengan olahan Gudeg Manggar Hidangan ini memiliki nilai filosofi tinggi, bahkan Keraton Ngayogyakarta menjadikan Gudeg Manggar sebagai kuliner dengan kedudukan istimewa yang tidak bisa sembarangan dimasak dan hanya disajikan ketika ada peristiwa penting atau tamu khusus saja.

SEHAT

Manggar dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kuning dengan cara dimasak terlebih dahulu, biasanya dibuat menjadi Gudeg.pemanfaat lainya dari manggar adalah dengan mengambil  air tetesan nya(air nira) dengan cara Dideres di sini airnya disebut dengan Badeg, bisa dikonsumsi secara langsung dan dapat dipercaya sangat baik untuk ginjal karena mengalami fermentasi secara alami. selnjutnya apabila badeg diolah dapat dijadikan tuak ataupun menjadi gula jawa. Manggar yang tidak lain adalah putik bunga kelapa merupakan embrio dari minyak dengan kandungan minyak rendah, sehingga tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan tubuh. Jika mengkonsumsi manggar, wajah akan menjadi lebih “kinclong”

ADIL

manggar kelapa segar dari petani dihargai sekitar 50.000 perkilogramnya sementara apabila diolah menjadi gudeg dihargai sekitar 10.000 s/d 15.000 per porsi . lain lagi apabila manggar dideres, air niranya atau badeg dipetani dihargai mulai 5000 per liter tergantung nanti mau di olah lagi menjadi gula jawa maupun tuak untuk meningkatkan nilai jual. walaupun setelah diambil manggarnya kelapa tidak akan tumbuh pada tangkai tersebut dengan harganya yang bisa dikatakan layak apalgi sikllusnya yang lebih cepat daripada menunggu sampai kalapa tua.

LESTARI

Tanaman Kelapa dapat ditanam dimana saja mulai dari sawah, pekarangan hinggs tepian sungai. penanamya yang mudah membuat banya kpohon kelapa ditanam sebagai batas antar sawah selia itu karena tida kterlalu rimbunsehingga tidak membuat terlalu teduh tempat dibawahnya. seluruh bagian pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari daun , batang, bahakan akar sekalipun. hal tersebut yang membuat banyak warga dea masih menanam pohon kelapa.


Asal Desa:

Ngentak, Pondokrejo Tempel Sleman, DIY

Komunitas:

Bapak Sawiji ( Penderes kelapa)

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox