Mengapa Melinjo merupakan Pangan Bijak?

Melinjo

LOKAL

Melinjo sudah ada sejak jaman dahulu. Olahannya pun sudah cukup banyak, mulai dari daun, kulit buahnya, dan juga biji buahnya. Melinjo dapat dengan mudah diakses dan juga dapat dengan mudah tumbuh dikarenakan tidak ada perawatan khusus dalam menanam tumbuhan ini dan juga dapat tumbuh ditanah yang kering.

SEHAT

Penilitian menunjukan tumbuhan ini memiliki antioksidan yang tinggi, mampu menangkal radikal bebas yang ada ditubuh, dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Namun dalam mengonsumsi melinjo ini harus berhati-hati karena melinjo memiliki kadar purin tinggi sehingga dapat menyebabkan penyakit asam urat.

ADIL

Cukup mudah bagi tanaman melinjo ini dapat tumbuh. Melinjo dapat tumbuh di tanah-tanah liat/lempung, berpasir, maupun berkapur. Namun melinjo tidak tahan tumbuh ditanah yang tergenang air ataupun ditanah yang berkadar asam tinggi. Melinjo tumbuh diarea yang terbuka atau terkena sinar matahari langsung. Harga melinjo dipasaran dapat dikatakan bersaing dan juga cukup adil bagi penjual dan pembeli.

LESTARI

Melinjo dapat ditemukan di daerah yang kering sampai tropis. Melinjo juga sering didapati tumbuh dikebun dan dipekarangan rumah sehingga dapat dimanfaatkan penduduk secara langsung. Tanaman ini tumbuh diketinggian 0-1200 mdpl.


Asal Desa:

Ngentak, Pondokrejo Tempel Sleman

Komunitas:

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox