Cerita Aktivis

Menanam sayuran dirumah sendiri

 

Oleh: Muhammad Rifa’i
Anggota Komunitas Earth Hour Jogja

Indonesia merupakan salah satu Negara yang terdampak pandemi Covid-19. Semenjak 4 bulan terakhir, semua serba dibatasi dalam beraktifitas diluar dan bertemu dengan banyak orang. Dan dalam kesempatan tersebut banyak waktu luang yang bisa kita manfaatkan untuk mengisi kegiatan di rumah atau di kosan biar tidak bosan.

Salah satu kegiatan yang sangat ringan dan bisa kita lakukan yaitu menanam. Bisa menanam sayuran buah-buahan, bahkan bunga untuk mempercantik halama depan rumah. Karena tren hidup sehat saat ini mulai digemari banyak orang, dengan menanam sendiri, setidaknya kita bisa memastikan bahwa apa yang kita konsumsi terjamin kebersihannya, sehat dan bebas dari bahan kimia (dalam kata lain aman untuk tubuh kita).

Saya salah satu dari EH jogja sebenarnya sudah mulai menanam sejak bergabung di komunitas peduli lingkungan Earth Hour dan beberapa program kerja kami difokuskan mengedukasi serta mengajak masyarakat untuk memiliki kebun dapur dan tanaman obat keluarga sendiri.

Dan saya pun mencoba menanam beberapa jenis sayuran seperti: kangkung, kacang panjang, tauge, cabai dan tomat. Kalau untuk di tanaman obat keluarga (TOGA) yang saya tanam adalah jahe merah dan binahong karena mudah dicari.

Kedua tanaman tersebut memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, dapat mengobati penyakit ringan, serta perawatannya juga mudah. Kita tidak perlu lahan yang luas, bisa memanfaatkan lahan kecil di depan kos menjadi salah satu tempat berladang, atau juga bisa memanfaatkan botol bekas mineral dan sejenisnya untuk pot.

Sehingga selain kita menanam ini juga dapat menjaga lingkungan dengan pemanfaatan limbah plastik. Meskipun hasil panennya tak begitu banyak, setidaknya kita berani mencoba. Karena kebaikan besar bisa kita mulai dengan hal kecil dulu di lingkungan sekitar kita.

Diskusi Webinar Pangan Bijak Nusantara dan komunitas EH di beberapa kota menjadi tambahan semangat untuk mempromosikan kampanye bijak pangan serta menjaga lingkugan. Dan mimpi besar saya adalah saya bisa mengajak warga sekitar untuk memilih hobi menanam dan memperoleh penghasilan dari hobi tersebut. Lingkungan menjadi sehat, pengeluaran rumah tangga tidak sekarat. Dan tentunya kita tidak merasa bosan selama pandemi ini.

Leave a Reply

WordPress Lightbox