Produk Pangan BijakYogyakarta

Midro / Ganyong / Rimpang Bunga Tasbih

Mengapa Midro / Ganyong merupakan Pangan Bijak?

Midro / Ganyong / Rimpang Bunga Tasbih (Canna Edulis)

LOKAL

Midro dapat ditanam sebagai tanaman sela bersama jagung sesudah panen padi gogo. Atau dibiarkan tumbuh liar karena midro tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi baik di pekarangan rumah maupun kebun. midro biasa langsung dimakan dengan dikukus atau dibuat olahan dengan dibuat sebagi tepung  terlebih dahulu.

SEHAT

Memang masih kalah dari kandungan gizi beras, tetapi yang perlu dicermati adalah kandungan kalsium  dan fosfor pada ganyong yang cukup tinggi. Rasanya yang manis dan bersifat sejuk menjadikan umbinya sebagai penyejuk, pereda demam, peluruh kencing, penenang dan menurunkan tekanan darah.

ADIL

Tidak dsangka umbi tanaman hias di pekarangan rumah ternyata dapat dikonsumsi karena mengandung zat pati (karbohidrat) dan berbagai manfaat bagi kesehatan. tidak perlu menggunakan pupuk kimia, karena dapat tumbuh di berbagai jenis tanah dan biasa diliarkan. dipasaran umbi midro dihargai sekitar 10.000 s/d 20.000 per kilogram dalam bentuk segar, apabila sudah dijadikan tempung menjadi sekitar 30.000 s/d 50.000 per kilogramnya.

LESTARI

meskipun bukan makanan pokok umbi midro ditanam sebagai  bahan makanan alternatif tatkala paceklik. Midro paling banyak diperbenyak dengan pemotongan umbi. bijinya juga digunakan untuk perbanyakan, tetapi karena resiko hibridisasi, pemotongan umbi lebih disukai. Pemanenan umbi Midro dapat dilakukan 4-8 bulan setelah tanam, dicabut atau digali


Asal Desa:

Ngentak, Pondokrejo Tempel Sleman

Komunitas:

Ibu Mudrikah ( Menanam midro di halaman rumah)

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox