Blog dan Berita

Pelatihan Bagi Perempuan Pelaku Usaha Kecil Mikro

Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil Mikro (ASPPUK) sebagai salah satu anggota konsorsium Pangan Bijak Nusantara melalui program Local Harvest yang pelaksanaannya didukung oleh Switch ASIA Uni Eropa dan HIVOS menyelenggarakan pelatihan-pelatihan untuk perempuan pelaku usaha di Nias, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Sulawesi Tenggara.

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu

Pelatihan diselenggarakan via aplikasi zoom ditujukan bagi para ibu produsen minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil-VCO) di Kepulauan Nias. Kegiatan berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 6 Agustus, 9 Agustus dan 11 Agustus 2021.

Meski tidak bisa tatap muka, para peserta pelatihan tetap semangat menyimak materi yang disampaikan Ibu Bibong Widyarti seorang aktivis Pangan Organik. Didampingi Bapak Djoko Prakoso, Bu Bibong berbagi tentang sistem penjaminan mutu, pengetahuan dasar produksi VCO yang baik, serta pengetahuan tambahan untuk berkreasi dan mengembangkan produk-produk VCO agar lebih berkualitas dan menarik dalam pengemasannya.

Foto © ASPPUK

Terkait sistem penjaminan mutu, materi mencakup standar yang baik dalam proses pembuatan VCO, dari mulai penanaman, pemeliharaan pohon kelapa, pemilihan kelapa yang baik untuk dibuat VCO, pengolahan, pengemasan, penyimpanan hingga ke pemasaran VCO tersebut diulas dalam pelatihan ini.

VCO merupakan salah satu contoh produk pangan bijak yang mengangkat nilai lokal, sehat, adil dan lestari.

Diharapkan dengan produksi yang semakin berkualitas dan memenuhi prinsip pangan bijak, kesejahteraan produsen perempuan semakin meningkat.

Pelatihan Pemasaran Digital

Akibat pandemi banyak pelaku usaha kecil mikro yang mengolah pangan lokal menjadi terkendala promosi dan pemasaran produk. Mereka yang terbiasa melakukan aktivitas dengan bertemu langsung menjadi sangat terbatas.

Mereka kemudian beralih memanfaatkan teknologi untuk promosi dan pemasaran di dalam jaringan (daring) atau biasa sering juga disebut online. Itupun juga mengalami keterbatasan. Banyak dari pelaku usaha yang kebanyakan perempuan ini yang belum melek digital. Mereka kesulitan membuat konten pemasaran baik foto, video ataupun tulisan yang menarik calon pembeli.

Kesulitan tersebut disadari oleh ASPPUK yang mendampingi para perempuan pelaku usaha kecil mikro ini, sehingga ASPPUK memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan pemasaran bertajuk “Membangun Pemasaran Kreatif Pangan Bijak Nusantara yang Berperspektif Gender di Era Revolusi Industri 4.0” pada tanggal 12-14 Agustus 2021 untuk wilayah Rembang Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Nias dan Sulawesi Tenggara.

Pelatihan khusus bagi pelatih/trainer ini diharapkan dapat diteruskan oleh peserta kepada seluruh individu pelaku usaha kecil mikro yang ada di jaringan daerah. Materi pelatihan adalah pemasaran digital, namun juga diberikan pengetahuan mengenai public speaking untuk kebutuhan pemasaran di luar jaringan (luring).

Artikel lengkap beserta foto-foto kegiatan dapat dibaca di http://asppuk.or.id/2021/08/20/penerima-manfaat-program-local-harvest-mengikuti-pelatihan-marketing-digital/

ASPPUK mendorong kelompok perempuan penghasil pangan lokal untuk mengolah dan memroduksi Pangan Lokal, Adil, Sehat dan Lestari agar terjadi perubahan sosial ekonomi perempuan ke arah yang lebih baik dengan tetap memertahankan tradisi dalam hal ketahanan pangan dan keanekaragaman pangan di tengah derasnya arus modernisasi.

Berita lainnya mengenai program dan kegiatan penguatan perempuan pelaku usaha kecil mikro oleh ASPPUK dapat disimak di www.asppuk.or.id

Leave a Reply

WordPress Lightbox