GARAM GUNUNG KRAYAN

Dalam bahasa lokal biasa disebut tucu’

Yang unik dari dataran tinggi Krayan, Kalimantan Utara adalah banyaknya mata air garam yang tersebar di lembah-lembah aluvial yang relatif datar. Sebagian besar berada di daerah rawa yang rendah, dan yang lain mengalir dari kaki bukit di hutan serta bercampur dengan air sungai.

Garam Gunung Krayan sehat karena memiliki salinitas tinggi yang mengalir dari dalam tanah. Air tersebut sudah ada di dalam tanah sejak jutaan tahun yang lalu ketika dataran tinggi disana masih ditutupi oleh laut.

Garam Gunung Krayan adil karena garam berkembang menjadi sebuah komoditas utama sebagai konsumsi sehari-hari dan juga untuk dijual

Garam Gunung Krayan lokal karena berasal dari banyak mata air asin disana dan ada 33 mata air garam yang diketahui terdapat di dataran tinggi Krayan, namun tidak semuanya dapat digunakan untuk memproduksi garam gunung.

Garam Gunung Krayan lestari karena menggunakan metode tradisional yang dikembangkan secara lokal, dengan sedikit inovasi baru yakni menggunakan tong logam untuk memasak dalam jumlah yang lebih besar serta dapat mengekstrak garam dalam waktu yang lebih singkat.


Unduh Brosur Garam Gunung Krayan

Diproduksi oleh:

Komunitas Dayak Lundayeh di Krayan Tengah
Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara