MedanProduk Pangan Bijak

Rebung / Bambu Muda (Tubis)

By Agustus 19, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Rebung / Bambu Muda (Tubis) merupakan Pangan Bijak?

Rebung / Bambu Muda (Tubis)

LOKAL

Rebung sendiri merupakan makanan khas sumatera utara yang biasa dicampur dengan bahan masakan lainnya. Tidak semua rebung bambu bisa dapat dikonsumsi. Hal itu yang membedakan dengan bambu di daerah lainnya.

SEHAT

Rebung adalah tunas dari tanaman bambu. Rebung sudah dikonsumsi masyarakat sumut khususnya daerah tapanuli. Rebung sering dicampur dengan bahan masakan lainnya. Sebelum di masak, rebung dipotong dengan cara diiris dan direbus. Biasanya dicampur dengan daging babi (Tubis Daging Babi) dan Arsik Ikan Mas. Rebung merupakan makanan yang sehat karena memiliki kandungan antioksidan.

ADIL

Bambu bisa menghasilkan tunas untuk dijadikan rebung lebih kurang berumur 3 bulan. Harga per kg rebung yang ditawarkan di pasaran adalah Rp. 15.000. Harga tersebut menurut pasar sudah adil bagi penjual dan konsumen. Hal itu dikarenakan rebung tidak perlu perawatan atau perlakuan khusus disaat penanaman sampai pasca panen.

LESTARI

Rebung berasal dari tunas tanaman liar bambu. Tunas bambu muda bisa tumbuh dalam waktu kurang lebih 3 bulan dari bambu dewasa. Dalam proses pertunasan, bambu muda tidak memerlukan tambahan pupuk untuk pertumbuhan tanaman bambu tersebut. Sehingga tanaman bambu sangat ramah lingkungan. Hal tersebut bisa menjadi alasan mengapa bambu ini dikatakan lestari.


Asal Desa:

Tapanuli

Komunitas:

Pedagang pasar

Asal Produk:

Tersebar di Asia


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox