Mengapa Salak Pondoh merupakan Pangan Bijak?

Salak Pondoh (Salacca zalacca)

LOKAL

Tanaman salak sudah dari jaman dahulu tumbuh subur di Sleman. Baru-baru ini yang dimanfaatkan tanaman salak juga bukan hanya buahnya saja, kulit dan biji salak juga dapat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar.

SEHAT

Salak termasuk kedalam spesies pohon palem. Menurut penelitian buah salak mengandung berbagai zat yang baik bagi tubuh. Buah salak memiliki antioksidan yang kuat sehingga baik untuk kesehatan mata serta meningkatkan kesehatan tubuh. Karbohidrat yang terkandung juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

ADIL

Salak biasa tumbuh di dataran tinggi sleman seperti daerah Turi. Tanah dengan kelembapan tinggi dan subur baik bagi pertumbuhan salak. Tanaman salak didaerah Turi tumbuh sangatlah subur dan menghasilkan buah salak yang melimpah dan itu menyebabkan harga salak yang rendah. Petani salak menjual perkilo paling murah hanya 3000 perkilonya, sangatlah rendah harga yang ditawar. Akhirnya petani salak tidak habis pikir, mereka mengolah salak tersebut guna mengangkat harga salak yang ada dipasaran. Mereka mengolah salak menjadi sari salak, dodol dan juga dodol salak.

LESTARI

Tanaman salak biasa ditanam di kebun. Mengambil bibit dari tanaman salak yang sudah tua lalu dicangkok untuk mendapat tunasnya. Tanaman salak dapat tumbuh ditanah yang subur dan tanah yang cukup lembab. Untuk mempertahankan tanaman salak yang bagus, petani hanya mengambil tunas di tanaman salak yang sudah ditanam sebelumnya dan dipilih pohon yang sudah tua atau siap diambil tunasnya.


Asal Desa:

Kemiri, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Komunitas:

KWT Kemiri Edum

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox