Mengapa Singkong / Jendal merupakan Pangan Bijak?

LOKAL

Singkong merupakan tanaman lokal yang ditanam didearah setempat dan sangat mudah ditanam. Menjadi salah satu bahan pangan pengganti nasi.

SEHAT

Singkong adalah salah satu bahan pangan pengganti nasi, bahan pagan ini dapat diolah menjadi berbagai macam produk olahan seperti tiwul, gethuk atau olahan jadi lainya sedangkan produk mentahnya singkong biasanya diawetkan dengan cara di jemur/dijadikan tepung. Manfaat singkong selain mengenyangkan, singkong juga bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan untuk mencegah sembelit karena singkong memiliki berbagaimacam nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, mineral, vitamin dll.

ADIL

Singkong sangat mudah ditanam, hampir disetiap daerah terdapat tanaman ini namun dengan jenis yang berbeda. Tanaman ini dapat ditanam dilahan pekarangan hingga dilahan perkebunan skala besar. Dapat diakses oleh konsumen dengan mudah karena masyarakat biasanya menjadikan bahan olahan sendiri ataupun dijual dipasar sehingga dapat dinikmati oleh banyak orang. Karena dilihat dari manfaatnya, singkong dapat diolah menjadi berbagai macam produk sihingga cukup banyak konsumen yang membutuhkan untuk diolah, harganya yang cukup terjangaku menjadikan konsumen dan produsen sama-sama diuntungkan karena konsumen membutuhkan bahan baku dan produsen membutuhkan pembeli.

LESTARI

Singkong merupakan salah satu tanaman yang ramah lingkungan karena dengan hanya menggunakan batang tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan tidak merusak tanah. Dengan batang singkong kemudian akan berkembang menjadi umbi akar dan jika ukurannya sudah mencapai 50/80 cm maka singkong dapat dipanen.


Asal Desa:

Srandakan, Pandak, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Komunitas:

Asal Produk:


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox