Blog dan Berita

Sistem Pangan Berkelanjutan Indonesia

Memastikan keberlanjutan dan keadilan dalam sistim pangan adalah hal yang sangat kunci demi mengatasi krisis alam, ancaman perubahan iklim dan kesenjangan ekonomi untuk masa depan yang lebih baik bersama. Konsorsium Pangan Bijak Nusantara menginisiasi platform Sistem Pangan Berkelanjutan Indonesia (SPBI) bekerjasama dengan Direktorat Pangan dan Pertanian, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kemitraan menjadi penting untuk mencapai tujuan ini dan merupakan salah satu dari 17 Tujuan Global dalam Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Platform SPBI merupakan wadah koordinasi dan lokakarya bagi para pelaku dan pemangku kepentingan untuk mendiskusikan isu isu dalam sistem pangan Indonesia serta membangun kolaborasi dan sinergi untuk memperkuatnya.  Melalui kerjasama multi pihak ini, Konsorsium Pangan Bijak Nusantara berharap Indonesia dapat mewujudkan sebuah sistem pangan yang tangguh dan berkelanjutan dengan berpegang pada prinsip lokal, sehat, adil dan lestari.  

Melalui serial diskusi sepanjang tahun 2019, Platform SPBI telah menghasilkan sebuah Makalah Strategi Sistem Pangan Berkelanjutan Indonesia. Makalah strategi ini berisikan gambaran dan tantangan yang ada dalam sistem pangan Indonesia saat ini serta rekomendasi untuk memperkuatnya. Diharapkan makalah strategi ini dapat menjadi salah satu referensi yang dapat digunakan oleh pemangku kepentingan sistem pangan Indonesia dalam menyusun kebijakan dan program, serta pengambilan keputusan terkait pangan, baik di tingkat nasional maupun daerah, yang akan membawa Indonesia menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030.

Leave a Reply

WordPress Lightbox