MedanProduk Pangan Bijak

Takokak / Rimbang

By Agustus 18, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Takokak / Rimbang merupakan Pangan Bijak?

Rimbang

LOKAL

Takokak atau rimbang adalah buah dengan banyak manfaat. Di berbagai daerah takokak ini juga dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Namun, masyarkat Medan lebih sering menggunakannya di masakan daun ubi tumbuk dan masakan tauco. Pemanfaatan takoka ini pasti berbeda-beda di setiap daerah. Bahkan untuk beberapa daerah tertentu juga dinamakan dengan nama yang berbeda. Setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri dalam pemanfaatan tanaman.

SEHAT

Takokak atau rimbang merupakan salah satu bumbu tambahan masakan “Daun Ubi Tumbuk”. Masakan ini memang merupakan masakan khas yang sering dimasak oleh masyarakat Medan. Takokak atau rimbang juga banyak diketahui masyarakat dan pedagang bahwa manfaatnya baik untuk mata. Takokak atau rimbang dapat dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi minus pada mata

ADIL

Takokak atau rimbang diberi harga 15.000 per kilogram oleh pedagang. Takokak dapat dibeli per kilogram dan juga per ons. Harga takokak 2000 per ons. Pedagang biasanya mengambil sebanyak 3 kg dari petani kemudian menjual dan laku kurang dari 1 kg per hari. Maka dalam kurun waktu 3 hari pedagang dapat menjual seluruh andaliman tersebut. Menurut pedagang, harga rimbang sudah pas dikarenakan cara menanamnya yang cukup mudah dengan harga yang murah tersebut.

LESTARI

Takokak atau rimbang dapat ditanam di tanah dingin atau panas. Takokak tumbuh dengan baik dalam kurun waktu 3 bulan. Proses pertumbuhan tanaman ini adalah setelah bibit berkecambah selama seminggu atau dua minggu maka daun akan mulai tumbuh 2-5 helai kemudian dalam waktu 3 bulan buah takokak dapat dipanen. Untuk satu pohon petani dapat memanen sebanyak hingga 1 kg lebih dan karena takokak ini sering digunakan di masakan-masakan sehari-hari lainnya maka cukup tinggi peminatnya sehingga petani menanam banyak tanaman ini.


Asal Desa:

Sidikalang, Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang Sayur di Pajak Sambu Medan

Asal Produk:

Berasal dari Karibia dan sekarang tersebar di daerah tropis termasuk Indonesia.


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox