MedanProduk Pangan Bijak

Teri Medan

By Agustus 19, 2021 Januari 10th, 2022 No Comments

Mengapa Teri Medan merupakan Pangan Bijak?

Teri Medan

LOKAL

Teri merupakan produk pangan dapat ditemui di hampir seluruh daerah Indonesia. Perbedaan yang paling mencolok teri medan dengan daerah lainnya adalah warnanya yang putih bersih dan ukurannya yang relatif kecil. Selain itu rasanya juga lebih gurih dan lebih awet. Teri medan biasanya dipasok oleh daerah pelabuhan seperti tanjung balai, kemudian didistribusikan ke kota Medan. Tidak heran bila akhirnya dikenal dengan sebutan Teri Medan.

SEHAT

Teri medan merupakan salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Dipercaya bila anak sedari dini sering mengkonsumsi teri medan, maka dapat meningkatkan kecerdasan.

ADIL

Harga teri di pasaran mencapai 150 ribu/kg. Menurut pedagang, mereka mengambil untung 10-20 rb/kg dan harga tersebut sudah adil.

LESTARI

Teri medan umumnya didapat dari hasil penjaringan oleh nelayan di laut lepas daerah tanjung balai. Proses penangkapan yang tidak menggunakan bahan berbahaya seperti pukat harimau, melainkan hanya menggunakan jaring tradisional pun membuat teri medan menjadi salah satu komoditas pangan lestari dan produk pangan unggulan khas sumatera utara.


Asal Desa:

Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara

Komunitas:

Pedagang

Asal Produk:

Berasal dari Pulau Pasaran, Lampung


 

Leave a Reply

WordPress Lightbox