Blog dan Berita

Transformasi Sistem Pangan Melalui Pendidikan

Perubahan dunia diawali dari perubahan perilaku atau gaya hidup. Perubahan gaya hidup dimulai dari pendidikan yang bermakna.

Bukik Setiawan – Yayasan Guru Belajar

Gerakan Pangan Bijak Nusantara menyadari betapa penting peran pendidikan dalam upaya mengubah sistem pangan menjadi lebih baik dari apa yang terjadi hari ini.

Momen Hari Gizi Nasional pada tanggal 25 Januari dipilih sebagai kesempatan untuk berdiskusi dengan salah satu entitas penting dalam dunia pendidikan yaitu para guru. Pada acara diskusi bertajuk Transformasi Sistem Pangan Melalui Pendidikan tersebut, sejumlah guru sekolah dasar dan sekolah menengah dari lima kota yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Makassar dan Medan mengikuti diskusi secara daring.

Tayangan webinar secara lengkap dapat disaksikan di tautan video Diskusi dan Launching Buku Panduan Belajar (LKS) Pangan Bijak Nusantara

Bersamaan dengan acara diskusi diluncurkan pula secara resmi buku bantuan pembelajaran (Lembar Kerja Siswa/LKS) bagi para siswa kelas 4-9, yang diberi judul Buku Panduan Pangan Bijak Nusantara.

Berkas pdf dapat diunduh pada tautan Buku Panduan Belajar (LKS) Pangan Bijak Nusantara

Diskusi yang dimoderatori oleh Bukik Setiawan dari Yayasan Guru Belajar menghadirkan narasumber di antaranya Dr. Rina Agustina, MSc, PhD dari FKUI yang juga adalah Duta Pangan Bijak Nusantara, dan Anggi Rizka Pustika guru pendidik dari SD Negeri 2 Bogem, Sleman Yogyakarta.

Diskusi ini diharapkan menjadi sebuah ‘jalan menuju Roma’, untuk membangun solusi jangka panjang menuju perubahan sistem pangan Indonesia yang lokal, sehat, adil dan lestari melalui pendidikan.

Ini merupakan artikel pertama dari seri artikel Transformasi Sistem Pangan Melalui Pendidikan. Tunggu artikel berikutnya!

Leave a Reply

WordPress Lightbox